Petugas Frontliner, atau petugas yang berposisi di front office, merupakan wajah pertama sebuah institusi. Kesan dan penilaian pelanggan terhadap suatu institusi, tidak terlepas dari bagaimana petugas di Front Office institusi tersebut menyambut dan melayani mereka.
Institusi pelayanan publik membutuhkan petugas frontliner yang handal dan berespon cepat melayani pelanggan, karena salah satu sumber kepuasan pelayanan pelanggan adalah dilayani dengan ramah, baik dan cepat.
Rumah Sakit merupakan salah satu institusi pelayanan publik. Pelanggan yang mengunjungi rumah sakit adalah pengunjung yang sedang dalam kondisi sakit. Keadaan ini semakin meninggikan ambang sensitifitas pasien terhadap stimulus disekitarnya. Berkaitan dengan hal tersebut, petugas frontliner di Rumah Sakit membutuhkan softskill yang mumpuni untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan pasien dalam upaya mereka mencari penyelesaian masalah kesehatan.
Meningkatkan softskill yang mumpuni untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan pasien dalam upaya mereka mencari penyelesaian masalah kesehatan.
Petugas pendaftaran pasien, petugas kemanan, petugas kebersihan, serta para duty manager yang langsung menerima masukan dari pasien atau tenaga pelaksana.
Tujuan Umum
Membantu petugas Front Office untuk dapat memaksimalkan kinerja dengan mempelajari cara membaca respon non verbal seorang pasien, cara mengolah respon tersebut sehingga dapat membantu pasien memperoleh penyelesain masalh yang dihadapi.
Tujuan Khusus
1. Menyegarkan Kembali pengetahuan petugas front office tentang pelayanan prima, 3S ( senyum, salam, salaman), dan prosedur menyelesaikan masalah di pelayanan.
2. Menstimulasi petugas front office untuk dapat memahami konsep bahwa pelanggan adalah raja.
3. Menstimulasi petugas front office untuk dapat mengetahui cara mengenali respon pelanggan dan dapat mengimbangi respon yang sesuai.
4. Memberikan kesempatan kepada petugas front office untuk menilai cara melayani pelanggan yang sudah dilakukan selama ini.
Hari Tanggal : Kamis, 24 Juli 2025
Pukul : 13.00 - Selesai