Pengaruh Komunikasi Efektif “Tim Tresno Koe” tentang Sistem Transformasi Aplikasi Layanan Digital terhadap Kepuasan dan Kecepatan Layanan Pasien di RSUD Ajibarang

ABSTRAK

Latar Belakang: Jumlah kunjungan rawat jalan RSUD Ajibarang Tahun 2023 adalah 86% peserta BPJS Kesehatan, dengan waktu tunggu layanan lebih dari 3 jam. Kelompok pengunjung adalah 33% berusia 45-64 tahun yang berpotensi belum mengenal teknologi. Capaian pemanfaatan pendaftaran online di RSUD Ajibarang 0,08% (Mei 2023) dan 0.07% (Juni 2023). Hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi dan kendala saat proses penggunaan aplikasi JKN Mobile. TRESNO KOE (Tempat Respon Masalah Daftar Online JKN Mobile) meliputi Duta Mobile JKN dan PAKE IMO. Duta Mobile JKN bertugas menyambut pasien, proaktif dalam memberikan edukasi dan memandu mendaftar online JKN mobile. Komunikasi efektif merupakan kunci bagi Tim TRESNO KOE dalam berinteraksi dengan pasien atau keluarga. Komunikasi efektif merupakan komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) dan penyelesaian masalah. Penelitian ini ingin meneliti bagaimana pengaruh dari komunikasi efektif dan kualitas layanan TRESNO KOE dengan kepuasan pasien.

Metode : Jenis penelitian adalah  Quasi Experiment dengan Two group posttest design only . Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner menggunakan lembar kuisioner kepada 60 responden yang terdiri dari 30 responden mendapatkan Komunikasi EfektifTim Tresno Koe” tentang Sistem Transformasi Aplikasi Layanan Digital Mobile JKN dan  30 responden  yang tidak menggunakan aplikasi/antrian manual.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan dan berpengaruh positif antara komunikasi efektif (r:0.759), kualitas layanan (r:0.812) dengan kepuasan pengguna .

Kesimpulan : Komunikasi Efektif TRESNO KOE berpengaruh positif terhadap kepuasan dan kecepatan layanan pada pasien.

 

Kata kunci: Mobile JKN, kemudahan akses layanan, kecepatan, komunikasi efektif